CATATAN LOKAKARYA 6 RUANG 8 - PGP ANGKATAN 9 KAB. TANGGAMUS
Catatan Lokakarya 6 PPGP Angkatan 9 Kabupaten Tanggamus
“Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah”
Oleh : LISTIAN UTAMA, S.Pd.,Gr
Lokakarya 6 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) angkatan 9 untuk
tahap 2 dilaksanakan secara serentak pada tanggal 5 April 2024 di beberapa Kabupaten/Kota
di Provinsi Lampung. Jum’at, 05 April 2024 sama seperti
Lokakarya 5 yang lalu, bertempat di SMA Negeri 2 Kota Agung, dilaksanakan
Lokakarya 6. Hadir pada kegiatan tersebut yakni Tim BBGP Provinsi Lampung, Panitia
dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus, 17 Pengajar Praktik
(PP), dan 79 CGP yang masing-masing belajar dalam 8 kelas/ruang kelas.
Seperti
hal nya pada lokakarya sebelumnya, kegiatan Lokakarya 6 diawali dengan acara
pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Mars Tanggamus. Lokakarya 6 di
Kabupaten Tanggamus dibuka secara langsung oleh PP Listian utama, S.Pd.,Gr tepat
pukul 08.00. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapannya bahwa yang paling
pokok dari kegiatan PPGP ini adalah bagaimana para CGP mengaktualisasikan dan
mempraktikannya dalam keseharian, bagaimana pembelajaran berpihak pada siswa,
apa yang sudah didapatkan selama PPGP berjalan benar-benar tercermin dan ada
aksi nyatanya.
Kegiatan pembukaan Lokakarya 6 berlangsung kurang lebih 45 menit, setiap
kelas di pandu oleh 2-3 orang PP didampingi para CGP nya. Saya
sendiri, PP Listian utama tergabung di ruang 8 bersama PP Fatma Irma Sari. CGP
yang saya bina pun hadir dan mengikuti semua sesi, yakni CGP Indah Mustika Dewi,
CGP Husniah, CGP Tri Kurniawati, CGP Sugito, dan CGP Sugianto serta beberapa
CGP lainnya.
Aktivitas Pembelajaran di Ruang Kelas Lokakarya 6
Agenda
kegiatan di Lokakarya 6 yang bertemakan “Keberlanjutan Pengembangan Diri
dan Sekolah “ terbagi secara garis dalam 6 kegiatan/sesi.
1.
Pembukaan
2.
Berbagi Tujuan Program
3.
Rencana Pengembangan Sekolah
4.
Dimana Saya Sekarang?
5.
Ambil Pelajaran Lakukan Perbaikan
6.
Rencana Penguatan Kompetensi Diri
7.
Tindak Lanjut dan Penutup
Tujuan yang
diharapkan pada Lokakarya 6 adalah :
1)
Peserta menghasilkan rencana kerja 1 tahun untuk pengembangan sekolah;
2)
Peserta dapat mengidentifikasi kekuatan dirinya yang mendukung sekolah;
3)
Peserta dapat Menyusun rencana penguatan kompetensi diri untuk mendukung
program sekolah.
Kegiatan
awal di ruang 8 dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh PP Listian
utama dengan menyampaikan tujuan sesi, yaitu :
1)
CGP dapat menciptakan koneksi dengan peserta lainnya dan PP;
2)
CGP dapat memahami tujuan dan agenda pada lokakarya ini.
Kegiatan pembukaan dengan durasi waktu 30 menit dilanjutkan dengan
perkenalan masing-masing PP dan CGP serta Ice Breaking yang dikemas sedemikian
rupa sehingga kegiatan perkenalan bisa menarik.
Agenda lokakarya selanjutnya memasuki pada kegiatan inti, kami melakukan
dulu kesepakatan kelas yang berisi tentang aturan dan kesepakatan dalam ruang
kelas yang meliputi kesepakatan dalam
waktu,partisipasi,focus,ketertiban,toleransi dan kebersihan. Setelah semuanya
sepakat, barulah kami belajar dan berdiskusi pada kegiatan inti Sesi 1. Produk
yang dihasilkan :
1)
Rencana kerja pengembangan sekolah yaitu tahapan J (Jabarkan Rencana)
dan A (Atur Ekseskuisi);
2)
Hasil Identifikasi kekuatan diri;
3)
Rencana pengembangan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran.
PP menayangkan slide PPT, bagaimana alur ketentuan Diskusi Hasil Aksi
Nyata tahapan J dan A tersebut.
Memasuki sesi 2 yaitu berbagi tujuan pengembagan sekolah dengan tujuan
sesi peserta berbagi hasil tujuan program pengembangan sekolah hasil pelibatan
warga sekolah dengan kegiatan masing-masing CGP memvisualisasikan tujuan
program sekolah kedalam kertas plano, dimana isinya adalah tujuan program
sekolah satu tahun kedepan, mimpi CGP satu tahun kedepan.
1)
Murid seperti apa yang CGP bayangkan?,
2)
Kepala Sekolah dan Guru-gurunya akan seperti apa?;
3)
Lingkungan Belajar sekolahnya seperti apa?;
4)
Warga Sekolahnya (termasuk orang tua) akan seperti apa?.
Para CGP untuk berbagi program ke rekan lainnya yang masing-masing di
beri waktu 5 menit sudah termasuk pemberian tanggapan dan tanya jawab. Peserta antusias
dan bersemangat dalam berbagi.
Sesi
selanjutnya yaitu Sesi 3 : Menyusun rencana pengembangan yang masih dipandu
oleh PP Listian utama. Tujuan sesi ini adalah CGP dapat
Menyusun rencana pengembangan sekolah yang berpihak pada murid (tahapan Jabarkan
rencana dan Atur Eksekusi). Aktivitas para CGP adalah
1)
Membuat rencana Program Sekolah ;
2)
Memberi umpan balik. Tepat pukul 12.00 sd 13.00 para peserta
beristirahat untuk melaksanakan shalat Jum’at bagi yang laki-laki dan shalat
Zuhur bagi yang wanita
Setelah
beristirahat kurang lebih 60 menit peserta dipandu oleh PP Fatma Irma Sari
untuk melanjutkan ke sesi 4 “Dimana saya sekarang??” dengan tujuan sesi CGP
dapat mengidentifikasi kekuatan dirinya yang dapat mendukung program sekolah
yang sudah direncanakan. Identifikasi Kekuatan diri dengan mengisi LK 1 yang
berisi :
1)
Kekuatan diri ( Apa kompetensi yang menjadi kekuatan diri CGP untuk
mendukung rencana program pengembangan sekolah CGP Jelaskan!) dan
2)
Pengembangan kompetensi (Apa kompetensi yang masih perlu CGP kuatkan
untuk mendukung rencana program pengembangan sekolah CGP?). Secara berpasangan
(dua atau 3 orang ) CGP berbagi cerita tentang posisi dirinya.
Memasuki
sesi 5 : Ambil Pelajaran Lakukan Perbaikan dengan tujuan sesi CGP
dapat memetic pembelajaran dari upaya peningkatan kompetensi guru yang selama
ini dilakukan. Siklus Rencana aksi dan refleksi dengan alur :
1)
Rencana (Langkah-langkah untuk melakukan perubahan yang kemudian
diwujudkan dalam aksi);
2)
Aksi (bergerak atau Tindakan melakukan sesuatu);
3)
Refleksi/Ambil Pelajaran ( Proses merenungkan dan memetic pembelajaran
terhadap suatu peristiwa atau kegiatan agar dapat dilakukan perbaikan pada masa
yang akan dating).
Memasuki
sesi 6 : rencana Penguatan Kompetensi Diri yang dipandu oleh PP Fatma Irma Sari
dengan tujuan sesi : CGP merumuskan
rencana penguatan kompetensi diri yang mendukung program sekolah. Alur membuat
rencana penguatan kompetensi dengan pertanyaan-pertanyaan berikut :
a)
Apa kompetnsi yang anda kuatkan?
b)
Apa indicator keberhasilannya (dikatakn berhasil jika…)
c)
Apa aktivitas yang akan dilakukan?
d)
Kapan waktu/perode pelaksanaan?
e)
Apa sumber daya/dukungan yang diperlukan?
f)
Bagaimana Anda melakukan refleksi terhadap rencana pengembangan diri
Anda? Kapan?
Kegiatan
tersebut dituangkan dalam Lembar Kerja (LK) 2 : rencana Penguatan Kompetensi
Diri. Semua CGP menuangkannya dalam LK 2 tersebut.
Di sesi
7 yang dipandu oleh PP Listian utama : Tindak lanjut dan Penutup dengan tujuan
sesi :
1)
CGP mengevaluasi dan memetic pembelajaran dari pelaksanaan lokakarya;
2)
CGP mengetahui tindak lanjut kegiatan yang akan datang.
Dengan
kerta post-it yang dibagikan PP, para CGP menuliskan “Hari ini saya belajar …..”
Setelah
sesi 7, PP bersama CGP menyimpulkan dan tindak lanjut kegiatan. PP mengingatkan
para CGP :
1)
program sekolah dicetak ukuran A3 ( berisi maksimal 9 slide);
2)
Foto/pster salah satu aksi nyata yang sudah dilakukan. Pilih salah satu
yang menurut CGP paling berkesan;
3)
Tiap satu kelompok PP pilih 1 orang CGP untuk berbagi pada lokakarya
tujuh.
4)
PP mengingatkan juga kepada CGP untuk melakukan penilaian kinerja
Pengajar Praktik (PP) di LMS masing-masing
Produk Yang Dihasilkan dan Ketercapaian Tujuan
Belajar
Berdasarkan
tujuan dari Lokakarya 6 ini, maka produk yang dihasilkan dan ketercapaian tujuan
pembelajaran bisa dilihat dari :
1)
Lembar Kerja 1 : Identifikasi Posisi diri yang sudah terisi secara
lengkap oleh CGP
2)
Lembar Kerja 2 : Rencana Penguatan Kompetensi Diri yang sudah
terisi secara lengkap oleh CGP
3)
Rencana Kerja 1 Tahun Untuk Pengembangan Sekolah yang telah diperbaiki
dan mendapat umpan balik masing-masing CGP.
Kesimpulan dan Refleksi Pembelajaran
Hal yang perlukan untuk menciptakan tranformasi ekosistem Pendidikan di
sekolah adalah inovasi dalam dunia Pendidikan. Langkah awal yang bisa dilakukan
bersama adalah melakukan Problem Solving. Kemampuan awal dalam menemukan
masalah dan memecahkan masalah dengan baik. Tiga poin penting dalam melakukan
problem solving yaitu: terintegrasi,saling gotong royong, dan kolaborasi
sebagai satu kesatuan dalam rangka mengawal kemajuan Pendidikan.
Ada
pepatah yang menyatakan ”guru terbaik adalah pengalaman”, Setiap
pengalaman membuat kita tumbuh, namun kita tidak akan belajar dari pengalaman
jika pengalaman tersebut tidak dimaknai, oleh karena itu mari kita maknai
pembelajaran di Lokakarya 6 ini.
Jangan
hidup di duniamu sendiri. Yang terbaik adalah mempelajari apa yang telah
dicapai orang lain dan ini juga akan memberi Anda jiwa untuk mencapainya.
“Nilai akhir dari proses pendidikan, sejatinya terrekapitulasi dari
keberhasilannya menciptakan perubahan pada dirinya dan lingkungan. Itulah
fungsi daripada pendidikan yang sesungguhnya.” ― Lenang Manggala, Founder
Gerakan Menulis Buku Indonesia
“Apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak,
kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak” – Nadiem Makarim
Terimakasih,
Salam Guru Penggerak!
Comments
Post a Comment