CATATAN LOKAKARYA 6 RUANG 8 - PGP ANGKATAN 9 KAB. TANGGAMUS

 

Catatan Lokakarya 6 PPGP Angkatan 9 Kabupaten Tanggamus

“Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah”

Oleh : LISTIAN UTAMA, S.Pd.,Gr

 

Lokakarya 6 Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) angkatan 9 untuk tahap 2 dilaksanakan secara serentak pada tanggal 5 April 2024 di beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung. Jum’at, 05 April 2024 sama seperti Lokakarya 5 yang lalu, bertempat di SMA Negeri 2 Kota Agung, dilaksanakan Lokakarya 6. Hadir pada kegiatan tersebut yakni Tim BBGP Provinsi Lampung, Panitia dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus, 17 Pengajar Praktik (PP), dan 79 CGP yang masing-masing belajar dalam 8 kelas/ruang kelas.

Seperti hal nya pada lokakarya sebelumnya, kegiatan Lokakarya 6 diawali dengan acara pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Mars Tanggamus. Lokakarya 6 di Kabupaten Tanggamus dibuka secara langsung oleh PP Listian utama, S.Pd.,Gr  tepat pukul 08.00. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapannya bahwa yang paling pokok dari kegiatan PPGP ini adalah bagaimana para CGP mengaktualisasikan dan mempraktikannya dalam keseharian, bagaimana pembelajaran berpihak pada siswa, apa yang sudah didapatkan selama PPGP berjalan benar-benar tercermin dan ada aksi nyatanya.

Kegiatan pembukaan Lokakarya 6 berlangsung kurang lebih 45 menit, setiap kelas di pandu oleh 2-3 orang PP didampingi para CGP nya. Saya sendiri, PP Listian utama tergabung di ruang 8 bersama PP Fatma Irma Sari. CGP yang saya bina pun hadir dan mengikuti semua sesi, yakni CGP Indah Mustika Dewi, CGP Husniah, CGP Tri Kurniawati, CGP Sugito, dan CGP Sugianto serta beberapa CGP lainnya.

 

Aktivitas Pembelajaran di Ruang Kelas Lokakarya 6

Agenda kegiatan di Lokakarya 6 yang bertemakan “Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah  “ terbagi secara garis dalam 6 kegiatan/sesi.

1.      Pembukaan

2.      Berbagi Tujuan Program

3.      Rencana Pengembangan Sekolah

4.      Dimana Saya Sekarang?

5.      Ambil Pelajaran Lakukan Perbaikan

6.      Rencana Penguatan Kompetensi Diri

7.      Tindak Lanjut dan Penutup

 

Tujuan yang diharapkan pada Lokakarya 6  adalah :

1)      Peserta menghasilkan rencana kerja 1 tahun untuk pengembangan sekolah;

2)      Peserta dapat mengidentifikasi kekuatan dirinya yang mendukung sekolah;

3)      Peserta dapat Menyusun rencana penguatan kompetensi diri untuk mendukung program sekolah.

 

Kegiatan awal di ruang 8 dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh  PP Listian utama dengan menyampaikan tujuan sesi, yaitu :

1)      CGP dapat menciptakan koneksi dengan peserta lainnya dan PP;

2)      CGP dapat memahami tujuan dan agenda pada lokakarya ini.

Kegiatan pembukaan dengan durasi waktu 30 menit dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing PP dan CGP serta Ice Breaking yang dikemas sedemikian rupa sehingga kegiatan perkenalan bisa menarik.

Agenda lokakarya selanjutnya memasuki pada kegiatan inti, kami melakukan dulu kesepakatan kelas yang berisi tentang aturan dan kesepakatan dalam ruang kelas yang meliputi kesepakatan dalam waktu,partisipasi,focus,ketertiban,toleransi dan kebersihan. Setelah semuanya sepakat, barulah kami belajar dan berdiskusi pada kegiatan inti Sesi 1. Produk yang dihasilkan :

1)      Rencana kerja pengembangan sekolah yaitu tahapan J (Jabarkan Rencana) dan A (Atur Ekseskuisi);

2)      Hasil Identifikasi kekuatan diri;

3)      Rencana pengembangan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran.

PP menayangkan slide PPT, bagaimana alur ketentuan Diskusi Hasil Aksi Nyata tahapan J dan A tersebut.

 

Memasuki sesi 2 yaitu berbagi tujuan pengembagan sekolah dengan tujuan sesi peserta berbagi hasil tujuan program pengembangan sekolah hasil pelibatan warga sekolah dengan kegiatan masing-masing CGP memvisualisasikan tujuan program sekolah kedalam kertas plano, dimana isinya adalah tujuan program sekolah satu tahun kedepan, mimpi CGP satu tahun kedepan.

1)      Murid seperti apa yang CGP bayangkan?,

2)      Kepala Sekolah dan Guru-gurunya akan seperti apa?;

3)      Lingkungan Belajar sekolahnya seperti apa?;

4)      Warga Sekolahnya (termasuk orang tua) akan seperti apa?.

Para CGP untuk berbagi program ke rekan lainnya yang masing-masing di beri waktu 5 menit sudah termasuk pemberian tanggapan dan tanya jawab. Peserta antusias dan bersemangat dalam berbagi.

 

Sesi selanjutnya yaitu Sesi 3 : Menyusun rencana pengembangan yang masih dipandu oleh PP Listian utama.  Tujuan sesi ini adalah CGP dapat Menyusun rencana pengembangan sekolah yang berpihak pada murid (tahapan Jabarkan rencana dan Atur Eksekusi). Aktivitas para CGP adalah

1)      Membuat rencana Program Sekolah ;

2)      Memberi umpan balik. Tepat pukul 12.00 sd 13.00 para peserta beristirahat untuk melaksanakan shalat Jum’at bagi yang laki-laki dan shalat Zuhur bagi yang wanita

Setelah beristirahat kurang lebih 60 menit peserta dipandu oleh PP Fatma Irma Sari untuk melanjutkan ke sesi 4 “Dimana saya sekarang??” dengan tujuan sesi CGP dapat mengidentifikasi kekuatan dirinya yang dapat mendukung program sekolah yang sudah direncanakan. Identifikasi Kekuatan diri dengan mengisi LK 1 yang berisi :

1)      Kekuatan diri ( Apa kompetensi yang menjadi kekuatan diri CGP untuk mendukung rencana program pengembangan sekolah CGP Jelaskan!) dan

2)      Pengembangan kompetensi (Apa kompetensi yang masih perlu CGP kuatkan untuk mendukung rencana program pengembangan sekolah CGP?). Secara berpasangan (dua atau 3 orang ) CGP berbagi cerita tentang posisi dirinya.

 

Memasuki sesi 5 : Ambil Pelajaran Lakukan Perbaikan dengan tujuan  sesi CGP dapat memetic pembelajaran dari upaya peningkatan kompetensi guru yang selama ini dilakukan. Siklus Rencana aksi dan refleksi dengan alur :

1)      Rencana (Langkah-langkah untuk melakukan perubahan yang kemudian diwujudkan dalam aksi);

2)      Aksi (bergerak atau Tindakan melakukan sesuatu);

3)      Refleksi/Ambil Pelajaran ( Proses merenungkan dan memetic pembelajaran terhadap suatu peristiwa atau kegiatan agar dapat dilakukan perbaikan pada masa yang akan dating).

 

Memasuki sesi 6 : rencana Penguatan Kompetensi Diri yang dipandu oleh PP Fatma Irma Sari  dengan tujuan sesi : CGP merumuskan rencana penguatan kompetensi diri yang mendukung program sekolah. Alur membuat rencana penguatan kompetensi dengan pertanyaan-pertanyaan berikut :

a)         Apa kompetnsi yang anda kuatkan?

b)        Apa indicator keberhasilannya (dikatakn berhasil jika…)

c)         Apa aktivitas yang akan dilakukan?

d)        Kapan waktu/perode pelaksanaan?

e)         Apa sumber daya/dukungan yang diperlukan?

f)         Bagaimana Anda melakukan refleksi terhadap rencana pengembangan diri Anda? Kapan?

Kegiatan tersebut dituangkan dalam Lembar Kerja (LK) 2 : rencana Penguatan Kompetensi Diri. Semua CGP menuangkannya dalam LK 2 tersebut.

 

Di sesi 7 yang dipandu oleh PP Listian utama : Tindak lanjut dan Penutup dengan tujuan sesi :

1)      CGP mengevaluasi dan memetic pembelajaran dari pelaksanaan lokakarya;

2)      CGP mengetahui tindak lanjut kegiatan yang akan datang.

Dengan kerta post-it yang dibagikan PP, para CGP menuliskan “Hari ini saya belajar …..”

Setelah sesi 7, PP bersama CGP menyimpulkan dan tindak lanjut kegiatan. PP mengingatkan para CGP :

1)      program sekolah dicetak ukuran A3 ( berisi maksimal 9 slide);

2)      Foto/pster salah satu aksi nyata yang sudah dilakukan. Pilih salah satu yang menurut CGP paling berkesan;

3)      Tiap satu kelompok PP pilih 1 orang CGP untuk berbagi pada lokakarya tujuh.

4)      PP mengingatkan juga kepada CGP untuk melakukan penilaian kinerja Pengajar Praktik (PP) di LMS masing-masing

 

Produk Yang Dihasilkan dan Ketercapaian Tujuan Belajar

Berdasarkan tujuan dari Lokakarya 6 ini, maka produk yang dihasilkan dan ketercapaian tujuan pembelajaran bisa dilihat dari :

1)      Lembar Kerja 1 : Identifikasi Posisi diri yang sudah terisi secara lengkap oleh CGP

2)      Lembar Kerja 2 : Rencana Penguatan Kompetensi Diri  yang sudah terisi secara lengkap oleh CGP

3)      Rencana Kerja 1 Tahun Untuk Pengembangan Sekolah yang telah diperbaiki dan mendapat umpan balik masing-masing CGP.

Kesimpulan dan Refleksi Pembelajaran

Hal yang perlukan untuk menciptakan tranformasi ekosistem Pendidikan di sekolah adalah inovasi dalam dunia Pendidikan. Langkah awal yang bisa dilakukan bersama adalah melakukan Problem Solving. Kemampuan awal dalam menemukan masalah dan memecahkan masalah dengan baik. Tiga poin penting dalam melakukan problem solving yaitu: terintegrasi,saling gotong royong, dan kolaborasi sebagai satu kesatuan dalam rangka mengawal kemajuan Pendidikan.

Ada pepatah yang menyatakan ”guru terbaik adalah pengalaman”, Setiap pengalaman membuat kita tumbuh, namun kita tidak akan belajar dari pengalaman jika pengalaman tersebut tidak dimaknai, oleh karena itu mari kita maknai pembelajaran di Lokakarya 6 ini.

Jangan hidup di duniamu sendiri. Yang terbaik adalah mempelajari apa yang telah dicapai orang lain dan ini juga akan memberi Anda jiwa untuk mencapainya.

 

“Nilai akhir dari proses pendidikan, sejatinya terrekapitulasi dari keberhasilannya menciptakan perubahan pada dirinya dan lingkungan. Itulah fungsi daripada pendidikan yang sesungguhnya.” ― Lenang Manggala, Founder Gerakan Menulis Buku Indonesia

“Apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak” – Nadiem Makarim

 

Terimakasih, Salam Guru Penggerak!

 

Comments